cover
Contact Name
Misnawati
Contact Email
misnawati.sutardi@gmail.com
Phone
+6285249289997
Journal Mail Official
enggang@upr.ac.id
Editorial Address
Jalan Samudin Aman, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
ENGGANG Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
ISSN : 28279689     EISSN : 27467708     DOI : 10.37304
Core Subject : Education, Art,
FOCUS AND SCOPE Enggang adalah jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Enggang dipilih sebagai nama jurnal ini karena kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah tidak jauh dari alam, termasuk kedekatannya pada burung yang bernama enggang. Burung enggang merupakan simbol kebesaran dan kemuliaan suku Dayak di Kalimantan Tengah. Burung enggang juga melambangkan perdamaian dan persatuan, sayapnya yang tebal melambangkan pemimpin yang selalu melindungi rakyatnya. Ekor panjangnya dianggap sebagai tanda kemakmuran rakyat suku Dayak. Kaitannya dengan jurnal ini, tidak lain adalah mengambil makna filosofis kebesaran burung enggang agar jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya ini, nantinya menjadi besar yang akan dikenal secara lokal, nasional, dan internasional. Jurnal Enggang sebagai jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya merupakan salah satu wadah untuk mengumpulkan dan melestarikan kekayaan kita yang tidak ternilai harganya. Tentunya kekayaan yang berhubungan dengan pendidikan bahasa, sastra, seni, dan budaya. Jurnal ini hadir untuk siapa saja yang mencintai dan ingin berkarya di bidang pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Selain itu, kami sebagai pengurus jurnal ini bersedia memberikan bimbingan dan pelatihan untuk siapa saja yang ingin maju dan berkompeten dalam hal menulis karya fiksi maupun nonfiksi. Melalui bimbingan dan pelatihan pasti gairah menulis para calon pendidik, para pendidik, dan para pecinta pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya bangkit dengan semangat membara. Mari kita berkarya dan berinovasi dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Salam berkarya!
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya" : 34 Documents clear
Pelatihan Pembuatan Hand Painting Pada Remaja Putri Di Desa Trosobo Fema Laila Aziziah; Peppy Mayasari; Lutfiyah Hidayati; Deny Arifiana
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8679

Abstract

Pelatihan hand painting pada remaja putri di desa Trosobo merupakan salah satu wujud dari peningkatan sumber daya manusia yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pelatihan hand painting pada remaja putri di desa Trosobo 2) mendeskripsikan hasil jadi pelatihan hand painting pada remaja putri di desa TRosobo, dan 3) mengetahui respon peserta pelatihan hand painting pada remaja putri di desa Trosobo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan tipe one shot case study. Pelatihan dilakukan di Balai RW 01 desa Trosobo dan diikuti oleh 30 peserta remaja putri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, penilaian produk dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan instruktur, lembar penilaian hasil jadi produk hand painting pada kaos cotton combed, dan lembar angket kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan proses pelatihan aktivitas instruktur mendapatkan nilai rata-rata 3,8 dengan kategori sangat baik. (2) Hasil produk pelatihan berupa hand painting pada kaos cotton combed yang dibuat oleh peserta mendapatkan hasil sebanyak 90% peserta memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori sangat baik dan 10% peserta mendapatkan nilai rata-rata 3 dengan kategori baik. (3) Respon peserta terhadap proses pelatihan hand painting mendapatkan nilai rata-rata 3,7 yang berarti sangat baik.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini Ery Wahyuti; Purwadi Purwadi; Nila Kusumaningtyas
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8730

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki setiap individu karena di dalam kehidupan sehari-hari individu pasti akan dihadapkan dengan permasalahan yang memerlukan penyelesaian. Kemapuan pemecahan masalah harus distimulasi sejak dini supaya ketika dewasa anak-anak sudah terlatih dan tangguh dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. PAUD sebagai lembaga Pendidikan untuk anak usia dini memiliki peranan penting dalam menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada anak.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI “PROCESS APPROACH” PADA SISWA/I SMA PANCA BUDI Fitri Ayu; Devi Anggriani; Nizamuddin Nizamuddin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8797

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yang ditemukan ketika dilakukan pra survey di Kelas XII MIA 4 SMA Panca Budi yang merupakan mitra bidang pendidikan dari Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB). Adapun permasalahan yang ditemukan adalah siswa- siswi merasa sangat sulit ketika diminta untuk menulis apalagi jika itu terkait dengan tulisan karya ilmiah. Hal ini menjadi masalah serius sebab kelas XII adalah kelas yang para siswanya akan segera tamat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Untuk itulah penelitian ini dilakukan sebagai sebuah tawaran solusi yang akan memandu para siswa tersebut untuk menulis dengan menggunakan sebuah pendekatan yakni pendekatan proses “Process Approach”. Metodel penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan pergerakan nilai rata- rata menulis siswa dari 63,10 pada saat pre-test, menjadi 73,13 pada saat test di siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 88,82 pada test di siklus 2. Dengan kata lain, process approach telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa khususnya siswa kelas XII MIA 4 SMA Panca Budi.
Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Pada Desa Wisata “Kampung Kokolaka” Kelurahan Jatirejo Kota Semarang Diva Pramesti Putri; Tri Suminar
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8822

Abstract

Perwujudan masyarakat mandiri melalui program pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan melihat berbagai potensi yang dimiliki sebuah daerah atau kelompok masyarakat yang dapat dimanfaatkan dengan melakukan berbagai pengembangan maupun inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pemberdayaan dan strategi dalam menangani hambatan yang ada pada pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Kampung Kokolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal di Kampung Kokolaka dilakukan melalui tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi kemampuan dan kecakapan, serta tahap pengayaan/kemampuan intelektual. Faktor pendukung yang mempengaruhi pemberdayaan masyarakat di Kampung Kokolaka meliputi kesadaran dan semangat dari masyarakat, serta motivasi yang diberikan oleh berbagai pihak. Sedangkan faktor penghambatnya berupa belum konsistennya semangat masyarakat, perbedaan pendapat, dan komitmen dalam mengembangkan desa wisata. Strategi yang dilakukan dalam menangani hambatan berupa musyawarah bersama dan peninjauan kegiatan secara rutin. Pemberdayaan masyarakat di Kampung Kokolaka membawa dampak positif dalam menunjang kesejahteraan masyarakat lokal.
Solidaritas Komunitas Manusia Silver Dalam Mempertahankan Hidup Dan Ekonomi Keluarga Di Persimpangan Lampu Merah Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang. Suherman Arifin
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8911

Abstract

Salah satu gejala sosial dalam masyarakat adalah fenomena munculnya Manusia silver di perempatan lampu merah kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang. Manusia silver bukanlah pengemis melainkan para pelaku seni jalanan, mereka menjajakan diri dengan ilmu seni patung dan berharap mendapat imbalan dari para pecinta seni khususnya seni patung untuk keberlangsungan hidup mereka sendiri dengan keluarganya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu ingin menganalisa keberadaan manusia silver, sejak kapan munculnya serta motivasi apa yang melatarbelakangi seseorang ingin menjadi manusia silver. Solidaritas komunitas manusia silver dalam mempertahankan hidup dan ekonomi keluarga menjadikan penelitian ini sebagai rumusan masalah. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, seperti Observasi, wawancara dan studi dokumen peneliti mengumpulkan data dari lapangan, dianalisis , disajikan dan ditarik kesimpulan. Dari keseluruhan data yang terkumpul, peneliti menyimpulkan bahwa munculnya manusia silver dilandasi oleh tuntutan hidup atau keberlangsungan hidup dimana kesempatan bekerja sangat sempit dan terbatas, keterbatasan pendidikan dan berbagai jenis kemiskinan. Mereka dianggap pengemis dan menjadi masalah sosial di masyarakat karena meminta imbalan dari pengguna jalan, mereka juga menjadi sasaran tangkap dari polisi pamong praja karena dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan sehingga selalu dikejar-kejar dan dikirim ke dinas sosial kota atau kabupaten.
Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V Tazkiya Indah Fadila; Budi Susetyo
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8936

Abstract

Membaca berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan alat komunikasi bagi kehidupan manusia serta bertujuan untuk mencari dan memperoleh informasi. Agar tercapainya tujuan di atas maka diperlukan keterampilan membaca pemahaman. Membaca pemahaman bertujuan untuk memperoleh informasi dari suatu bacaan secara menyeluruh agar pembaca mampu menghubungkan informasi yang dimiliki dengan informasi yang baru diketahuinya, oleh karena itu membaca pemahaman harus diajarkan kepada setiap anak. Namun tidak semua anak dapat memahami isi bacaan dengan mudah, salah satunya anak dengan gangguan spektrum autisme karena anak menghadapi hambatan kognitif yang mencegah mereka memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi anak dengan gangguan spektrum autisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A karena penelitian ini ingin melihat apakah ketika anak tidak lagi diberikan intervensi akan berdampak kepada keterampilan membaca pemahamannya. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang digambarkan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme kelas 5 di SDN 61 Payakumbuh memperoleh kenaikan, ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level A1 yakni 43%. Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 70% dan setelah diberikan intervensi yaitu kondisi A2 mean levelnya 72%. Sehingga dapat disimpulkan metode SQ3R berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme.
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI DESA SUKOLILO PATI TERHADAP PENGERJAAN SOAL BERBASIS PEMBUKTIAN Silmi Fadhila Arida; Muhammad Faizul Ikhsan
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8947

Abstract

Mathematical reasoning ability is one of the basic abilities that students need to have in the process of solving mathematical problems both in learning and in daily activities. This research was conducted to find out and analyze the reasoning abilities of elementary school students in working on proof-based math problems. The methodology used is quantitative based by giving question sheets to fifth grade students which are then analyzed how the results of the answers that have been answered by several students. From the questions that have been done by 10 students of class V, the results obtained with the criteria (very good) are obtained by 2 students, (good) are obtained by 3 students, (enough) are obtained by 3 students, (poor) are obtained by 2 students. Based on these results it is concluded that the reasoning ability of the class V on evidence-based questions in the village of Sukolilo Pati has quite good reasoning abilities.
Analisis Campur Kode Pada Tiktok Podcast Kesel Aje Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Berbahasa Anak Milenial: Kajian Sosiolinguistik Ana Dahniar; Rr. Sulistyawati
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8988

Abstract

The presence of applications on social media such as TikTok is one proof of the very fast growth of social media. Content on TikTok, such as the Kesel Aje Podcast, is one of the content that is loved by today's youth because it distributes content by mixing the code between Indonesian and English in communicating. This study aims to describe the form of code-mixing in youth communication in the millennial era and its impact on the existence of the Indonesian language which begins to decline with the assumption that code-mixing is something cool, modern, and educated. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The data collection technique used in this study is a technique of observing and noting. The source of the data in this study came from the Kesel Aje Podcast video on TikTok which was taken in November-December 2022. The results of this study are (1) there is data which is a form of code mixing in the form of words, namely 7 data, each in the form of a word in a language Javanese, Sundanese and English. (2) there is data which is a form of code mixing in the form of 5 data phrases. Each of these data is in the form of words in two languages, namely Indonesian and English. (3) The form of code mixing in clauses was not found in this study. The positive impact is that it can help the millennial generation express themselves more freely and spontaneously, as well as strengthen their sense of togetherness and group identity. However, there are also negative impacts from its excessive use, such as reducing the ability to communicate effectively in formal situations and paying less attention to correct language rules.
ANALISIS STRUKTURAL PADA NOVEL “CRYING WINTER (MUSIM DINGIN YANG MEMILUKAN)” KARYA MELL SHALILA Angel Oktoria Manise Marbun; Ester Mariam Silaban; Natasya Rumondang Sidabutar; Fitriani Lubis
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8997

Abstract

The purpose of this study is to describe the structure and interrelationships between elements in the novel CRYING WINTER by Mell Shalila. The research method used is qualitative research with a structural approach. Sources of data were obtained using secondary data which type is used to support the primary information that has been obtained, namely from library materials, literature, previous research, books, and so on. The data collected is in the form of text related to the building elements of the novel. The data source for this research is the novel CRYING WINTER by Mell Shalila. Data collection techniques using library techniques. Data analysis techniques, namely making a synopsis, describing the elements of the building structure contained in the novel CRYING WINTER by Mell Shalila, analyzing the relationship between building elements contained in the novel CRYING WINTER by Mell Shalila , and draw conclusions. The results of the research are in the form of intrinsic elements contained in the novel, namely theme, plot, setting, characters, characterizations, point of view, story style, and message. Where all these elements are interrelated and form a complete meaning.
THE EFFECT OF USING KAHOOT IN WRITING FUNCTIONAL TEXT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Elvyra Elvyra; Theodesia Lady Pratiwi
ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/enggang.v3i2.8999

Abstract

Based on the observation at a private senior high school in Batam, the students were not fully engaged with the class. Some of them were busy with their activity, resulting in not paying attention in class. The teaching media was boring too. Thus, the authors implemented Kahoot as game-based learning media to engage students in the class as well as to improve the students’ writing skills in functional text. Classroom Action Research (CAR) method was implemented in the study. Thirty-eight students from class X-10 from a private senior high school in Batam participated in this study. A pre-test, post-test, and rubric scores were used to evaluate the student’s writing skills in functional text. The authors also shared the questionnaire with the students to measure their engagement after the implementation. After the Kahoot implementation, the students’ writing has notably gotten better, which has improved from 65,30 (pre-test) to 72,48 (post-test in cycle 1) and 88,82 (post-test in cycle 2). Equally, the students showed a positive attitude toward their engagement in class, whether in affective, behavioural, or cognitive engagement.

Page 1 of 4 | Total Record : 34